Home > Tutorial, Uji Coba > Membuat alert message box di blog atau website

Membuat alert message box di blog atau website

Message box merupakan aksi pesan sebuah peringatan yang di lakukan ketika kita melakukan aksi tertentu di dalam sebuah blog atau website (itu pengertian dari saya sendiri Smile with tongue out, jadi jangan diikutin banget ya Smile). aksi yang di maksud bisa berupa brbagai macam hal seperti di antaranya onLoad (ketika pengunjung me load halaman), onClick (ketika pengunjung mengklik sesuatu), onChange (ketika user merubah sesuatu pada sebuah inputan).

Disini saya akan mempraktekan di blog tester saya di blogspot, karena di blogspot kita lebih leluasa untuk memasukan script-script yang bagus Smile.

Ok, yang pertama harus anda lakukan tentu saja login ke blog, atau klo mau coba di website tinggal otak atik script sourcenya aja.

1

setelah itu masuk ke menu “Rancangan” lalu pilih menu “edit HTML”

2

Setelah masuk “edit HTML” di bagian “Edit Template” anda akan menemukan script yang anda gunakan di blog anda, jangan dibikin pusing dulu jika melihat script itu, anda cukup mencari bagian tag </head> aja. Selanjutnya…

  1. AYU
    February 11, 2011 at 9:10 am

    wah wah wah..! terima kasih atas infonya…😀

    • February 11, 2011 at 9:39 am

      sama2 ^_^

  2. Flik
    February 16, 2011 at 8:20 pm

    Tapi script nya ada kelemahannya

    yaitu : setiap kali buka artikel yang lain dari blog nya pasti alertnya muncul terus.

    Cara membuat agar alert tersebut hanya muncul 1 kali yaitu pada sa’at buka blognya aja, agar ketika membuka artikel artikel yang lain di blog tersebut tidak berulang kembali mengisi alert itu karena sangat merepotkan

    bisa ga ?

    • February 16, 2011 at 9:57 pm

      ia, benar juga,,,
      hmm…cba di buat variable awal aja, dimana klo alert sudah muncul kondisinya jd true, dan di tambahkan di awal script jika kondisinya true maka jangan tampilkan alertnya.

      cara ini belum saya coba, baru ada di pikiran saya saja…hehe…
      nanti deh saya akan coba kalo sempat😀

  3. March 6, 2011 at 10:31 am

    kalau buat wordpress, gimana ya?😦

    • March 8, 2011 at 5:55 pm

      hm..kyknya sulit kalo di wordpress yg orisinal…
      cma pake wordpress yang premium atau pake wordpres di domain dan hosting sendiri

  4. March 12, 2011 at 5:54 pm

    wah saya punya gagal😦 salah apa ya ?

    • March 13, 2011 at 8:04 pm

      hmm…berarti ada yg salah…hehe..

  5. June 3, 2011 at 11:33 am

    kok aku tak bisa bro ,, apa terlalu banyak

    • June 4, 2011 at 7:55 am

      masa sih??
      terlalu banyak apanya??bisa liat scriptnya?

  6. June 27, 2011 at 12:36 pm

    kl0 cr bikin variablenya gmn?

  7. Baliku surga kita
    August 2, 2011 at 7:26 am

    makasi infonya, sangat menarik dan bermanfaat

  8. August 3, 2011 at 7:57 am

    sulit mas

  9. hisyam
    August 14, 2011 at 3:46 am

    sob kalo ane ada tulisan bgini nih :

    Harap perbaiki kesalahan di bawah, dan kirimkan template Anda lagi.
    Template Anda tidak dapat diparse karena tidak well-formed. Harap pastikan bahwa semua elemen XML ditutup dengan benar.
    Pesan error XML: Open quote is expected for attribute “{1}” associated with an element type “type”.

    itu kenapa ya

  10. August 24, 2011 at 2:12 am

    gagal nih mas,,,,, saya sudah copas,,,,
    tapi apa ngaruh saya telah memakai scrip merubah logo blogger lalu saya tiban di atas itu jadi ga bisa jalan,,, mohon penjelasannya

  11. August 24, 2011 at 2:19 am

    saya baru tahu tuh itu bisa di letakkan setelah

  12. August 24, 2011 at 2:30 am

    setelah

  13. August 24, 2011 at 2:31 am

    stelah head

  14. August 24, 2011 at 2:47 am

    alhamdullilah mas saya bisa dengan sedikit bantuan dari tutorialnya,,,,
    tapi saya udah bisa nemunin dengan cara lainnya,,,,,,
    tapi saya ga bisa tanpa bantuan mas,,, terima kasih sukses trus ya mas,,,, mantap gan

  15. August 24, 2011 at 2:57 am

    http://bungauntukmu88.blogspot.com/
    ini masih banyak akesoris yang mau saya tambahin mas lumayan buat rayu cewek mas,,,,
    sekali lagi makasih yah

  16. August 24, 2011 at 3:00 am

    tambahin lagi donk tutorialnya cara masukin lagu pas blog itu muncul

  17. September 25, 2011 at 6:01 am

    kok punya saya gak bisa ya?

  18. October 16, 2011 at 9:56 am

    TErimakasih infonya gan….

  19. November 14, 2011 at 3:24 pm

    wah nice info😀 ane coba ya..

  20. iakkks
    December 10, 2011 at 12:55 pm

    om pas berkenalan nya gk muncul tuh ane, salah dimananya ya??

  21. Yolanda
    December 15, 2011 at 4:02 pm

    kok saya gabisa , selalu gagal ..
    apha yg salah dengan codingnya yaa ???:-/

  22. December 20, 2011 at 8:08 am

    klo ada pertanyaan tulis komentar di halaman ini http://www.pradhana.net/2011/01/29/membuat-alert-message-box-di-blog-atau-website-2/

    artikel ini sudahdaya pindahkan kesana.🙂 terima kasih

  23. pandu
    December 26, 2011 at 8:32 am

    bagus mas…..
    bermahfaat bgt nih…

    http://neutrons-zrn.blogspot.com/

  24. January 27, 2012 at 4:36 pm

    pemberitahuan nama pengunjung bisa kita lihat gak?

    • February 2, 2012 at 6:39 am

      gk bisa mas, kan berjalan di sisi client aja, klo mau dilihat setiap pengunjung memasukan nama simpan data tersebut di sata server

  25. February 10, 2012 at 3:41 pm

    tiap navigasi msgboxnya muncul, ada cara lain gag?
    misal waktu load pertama muncul msgbox dan mengubah x menjadi 1. trs sblm script nya dikasih fungsi, jika x tidak sama dengan 1, tampilkan alertnya, else gag terjadi apa2,,

    kira2 kodenya gmna ya?gag bgtu jago java soalnya,

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

